Scoot.co.id, BATAM — Adopsi pembayaran digital melalui QRIS di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menunjukkan tren peningkatan yang luar biasa, dengan volume transaksi mencapai 4 juta per Juli 2025. Memanfaatkan momentum positif ini, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau secara aktif berupaya memperluas jangkauan penggunaan QRIS di seluruh wilayah Kepri.
Kepala BI Perwakilan Kepri, Rony Widijarto, menyoroti progres signifikan ini. Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, volume transaksi QRIS di Kepri telah mencapai 33 juta kali dengan nilai kumulatif sebesar Rp5,20 triliun. Angka ini terus menunjukkan pertumbuhan pesat.
“Hingga Juli 2025, jumlahnya mengalami peningkatan cukup signifikan. Dengan volume transaksi mencapai 4 juta kali dan nilainya sudah menyentuh Rp5 triliunan,” tegas Rony di Batam, Sabtu (23/8/2025), menegaskan betapa cepatnya masyarakat Kepri beralih ke pembayaran digital.
: Merchant Pengguna QRIS di Sumut Tumbuh 17,65%, Transaksi Capai Rp8,26 Triliun
Sejalan dengan perkembangan positif ini, Bank Indonesia Perwakilan Kepri menginisiasi kampanye bertajuk “QRIS Jelajah Indonesia 2025″. Rony menjelaskan bahwa kampanye ini merupakan bagian dari upaya nasional yang serentak dilaksanakan di 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, menunjukkan komitmen kuat terhadap inklusi keuangan digital.
“BI ingin meningkatkan literasi dan edukasi penggunaan QRIS dengan memadukannya lewat budaya dan kearifan lokal,” ungkapnya, menyoroti pendekatan unik kampanye ini yang mengintegrasikan teknologi dengan identitas lokal.
: : Penggunaan QRIS di China Masuki Tahap Uji Coba, Ini Bedanya dengan Jepang
Husni Naparin, Kepala Fungsi Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Kepri, menambahkan bahwa acara ini berhasil menarik partisipasi 22 tim dengan total 66 peserta. Menurut Husni, kampanye ini tidak hanya mengajak peserta bertransaksi secara digital, tetapi juga mengapresiasi kekayaan budaya dan potensi ekonomi yang dimiliki oleh Kepri, menciptakan pengalaman yang holistik.
: : Bank Indonesia Dorong Supermarket di Bali Gunakan QRIS Tap
Para peserta dalam kampanye “QRIS Jelajah Indonesia 2025″ ini dibekali dengan berbagai misi strategis. Misi-misi tersebut dirancang untuk meliputi kegiatan sosialisasi dan edukasi langsung kepada masyarakat, guna memperluas pemahaman dan meningkatkan sebaran penggunaan QRIS di seluruh Kepri.
Rangkaian kegiatan “QRIS Jelajah Indonesia” juga diperkaya dengan lomba-lomba bernuansa budaya dan berbagai aktivitas yang secara cerdas memadukan edukasi keuangan digital dengan kearifan lokal, memastikan pesan tentang pembayaran nontunai tersampaikan secara efektif dan mudah diterima masyarakat.